SI KAGET, Inovasi Pelayanan Kenaikan Gaji Berkala untuk ASN Luwu Utara Resmi Disahkan
MASAMBA – SI KAGET, atau Sistem Pelayanan Kenaikan Gaji Berkala dan Pelayanan Administrasi Kepegawaian Kabupaten Luwu Utara, resmi mendapatkan surat pengesahan dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang merupakan unit pelaksana teknis (UPT) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) 8 Juli 2024.
Aplikasi berbasis web ini merupakan inovasi dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Luwu Utara, Ikhdiani, yang saat ini juga menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (PKA) Kemendagri Regional Makassar Angkatan I tahun 2024.
SI KAGET menjadi aplikasi pertama di Kabupaten Luwu Utara yang berintegrasi dengan BSrE BSSN. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah pelayanan kepada ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disdikbud, terutama terkait Dokumen Kenaikan Gaji Berkala (KGB) serta berbagai jenis persuratan lainnya, seperti Surat Izin, Surat Rekomendasi, SPMT, dan Permohonan Penerbitan Bebas Temuan, dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE).
“Dengan SI KAGET, guru dan ASN tidak perlu datang ke kantor Disdikbud membawa berkas pengusulan KGB-nya. Arsip KGB yang telah ditandatangani oleh Kadis dapat dicetak langsung oleh ASN dari aplikasi SIPINAWA (Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara), sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.” kata Misbah, Kepala Disdikbud Luwu Utara.
Misbah menambahkan para guru tidak perlu lagi mengantri untuk pelayanan KGB dan tidak perlu mengeluarkan biaya fotokopi untuk pengusulan ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).
“Semua proses dilakukan di Disdikbud, yang terpenting adalah ASN telah menginput atau memperbarui data Pangkat Terakhir dan KGB terakhir di aplikasi SIPINAWA agar proses KGB tidak terhambat,” ungkapnya.
Untuk beberapa jenis persuratan, dokumen dapat diambil langsung atau dikirimkan melalui WhatsApp oleh staf Disdikbud yang bertugas.
SI KAGET harus melalui empat tahapan untuk mendapatkan pengesahan dari BSrE BSSN, termasuk registrasi pada [link reservasi](https://bsre.bssn.go.id/reservasi) dan memenuhi sebelas persyaratan teknis yang ditentukan. Ikhdiani mengapresiasi pelayanan BSrE yang dianggap sangat baik, ramah, dan gratis, dengan opsi layanan daring atau luring.
“Aplikasi ini juga menjadi salah satu solusi dan rekomendasi berdasarkan catatan Ombudsman serta hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat,” ujar Ikhdiani.
“Terima kasih kepada seluruh Tim Kerja SI KAGET yang terlibat dalam aksi perubahan ini,” tutupnya.
Tinggalkan Balasan