Perumda Tirta Mangkaluku Palopo Fokus pada Peningkatan Pelayanan dan Penanggulangan Kebocoran Pipa

PALOPO,VoiceNews.id – Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan merupakan tujuan utama Perumda Tirta Mangkaluku (TM) Kota Palopo, khususnya untuk memastikan kelancaran distribusi air ke rumah-rumah pelanggan. Untuk itu, manajemen Perumda TM terus melakukan berbagai strategi guna menjaga kontinuitas pendistribusian air. Namun, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah kebocoran pipa distribusi air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) menuju rumah pelanggan. Ketika kebocoran terjadi, sudah dipastikan aliran air ke rumah pelanggan akan terhenti.

Sub Divisi Distribusi dan Sub Divisi Penanggulangan Kebocoran Air (PKA) memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi masalah tersebut dengan segera melakukan perbaikan kebocoran pipa, tanpa mengenal waktu. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, melalui media sosial Perumda TM diinformasikan bahwa telah terjadi kebocoran pipa distribusi di jalan Pongsimpin.

Kebocoran pipa ini terjadi pada pagi hingga siang hari, tepat pada hari ke-8 Ramadhan 1446 H. Dengan gerak cepat, operator Sub Divisi PKA langsung turun untuk melakukan penanggulangan. “Walaupun dalam kondisi berpuasa, hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami, karena ini adalah tanggung jawab kami sebagai karyawan Perumda TM untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan,” ujar Wiwien S. Toni, Asisten Manajer Humas Perumda TM.

Di sisi lain, Sub Divisi Distribusi tetap menjaga kelancaran distribusi air dengan menggunakan truck tangki yang menyuntikkan air ke wilayah yang terdampak kebocoran. Penyuntikan dilakukan dari siang hari, saat aliran air mulai terhenti, hingga malam hari, saat air kembali mengalir normal.

Sebagai bagian dari komitmen Perumda TM untuk meningkatkan pelayanan, Perumda TM juga mencatatkan pencapaian positif dalam buku Kinerja BUMD Air Minum 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Air Minum. Dalam penilaian peringkat tertinggi K3 (Kuantitas, Kualitas, dan Kontinuitas) tingkat nasional, Perumda Tirta Mangkaluku berhasil menempati posisi ke-19 dari 393 BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

“Ini membuktikan bahwa upaya yang telah dilakukan manajemen selama ini mulai menunjukkan hasil yang positif, dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan air minum yang terbaik bagi masyarakat Kota Palopo,” tutup Wiwien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini